SUHERRY ARNO: Photography Collection

Editor: Irwandi, Jim Supangkat

ISBN : 978-623-5884-26-4

Tahun terbit: 2023

Stock: Ada

Harga: Rp.

SINOPSIS:

 

Karya fotografi lebih dari sekadar hasil perekaman dunia tiga dimensi ke dalam lempeng dua dimensi. Fotografi sering kali adalah sebuah penampang akumulatif akan banyak hal yang tidak tampak langsung di dalamnya. Ada sosok subjektif beserta pemikiran, ideologi, perspektif, dan selera seorang fotografer di balik terbentuknya imaji fotografi. Hasil rekaman yang merefleksikan intensi sang pemotret. Intensi tentang cara pandang, imajinasi, pravisualisasi, dan akhirnya visualisasi. Hal tersebut tampak dalam karya maestro fotografi Suherry Arno. Membaca, mengurasi, dan menyajikan kembali karya Suherry Arno dalam bentuk buku merupakan sebuah pengalaman estetis-kreatif tersendiri.

Sosok seperti Suherry Arno sulit ditemukan, apalagi di Indonesia. Sosok yang sangat humble, bersahabat, dan sarat pengalaman. Ia juga sangat haus akan pengetahuan fotografi dan seni. Dibuktikan dengan karya-karya yang penuh daya pukau, deretan tokoh fotografi dunia yang menjadi tempat ia memperdalam kepiawaian fotografi, juga sejumlah kepeduliannya pada dunia pendidikan fotografi di Indonesia, khususnya di Jurusan Fotografi, Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Pernah berguru kepada John Sexton, Michael Smith, Charles Cramer, Mark Nelson, Kumara Prasetya, Kayus Mulia, dan sederet nama besar lainnya, merupakan indikator keseriusan Suherry Arno dalam mencapai titik maksimal fotografi dan seni cetaknya. Berbagai jenis cetak fotografi, dari teknik prarevolusi, teknik fotografi George Eastman, fotografi modern, hingga teknik cetak digital telah ia dalami. Tak berhenti di situ, ia juga memiliki kepedulian kepada generasi muda untuk dapat mendalami seni cetak foto, meneruskan apa yang telah ia lakukan.

Karya Suherry Arno selain merupakan hasil kerja seni yang intensif, juga merupakan jejak dari berbagai hal yang telah disebutkan sebelumnya. Saya beruntung berkesempatan menyaksikan secara langsung ruang kerja Suherry Arno dalam berkarya, yaitu kamar gelap yang sangat lengkap, ragam peralatan cetak, peralatan presentasi karya, dan kamera yang digunakan untuk menghasilkan karya-karya berbagai ukuran yang dipajang di rumahnya dengan suasana galeri seni. Dari sana pula hadir karya-karya memukau. Benda seni berupa foto berbagai objek yang dicetak dan dipresentasikan secara intens: kualitas cetak istimewa, berikut pasparto, bingkai, dan pencahayaan yang prima terpasang dengan elegan. Jajaran foto hitam putih Suherry Arno menghadirkan suasana yang magis, penuh enigma. Tak banyak profil sosok fotografer seperti Suherry Arno, bila tak boleh dikatakan hanya ada satu di Indonesia.

Melalui buku ini, Suherry Arno menyajikan karya-karya terbaiknya, disertai beberapa quotes dari dirinya dan banyak tokoh fotografi dunia. Quotes yang ditampilkan menjadi sumber inspirasi pandangan fotografis Suherry Arno dalam mencipta berkarya. Kehadiran quotes dalam buku ini juga dimaksudkan untuk menjadikan buku ini bernilai edukatif dan inspiratif kepada pembaca.